Tips Renovasi Rumah Dengan Hemat

Close-up of hands protecting small house model Free Photo

Harga rumah gres yang makin melambung tinggi membuat sejumlah orang memilih untuk beli rumah seken atau bekas untukkan yang harganya dinilai lebih murah. Sayangnya, desain rumah seken sering tidak cocok dengan yang diinginkan, belum lagi bila ada yang masih perlu perbaikan di sana-sini. Mau nggak mau, harus siap-siap dana untuk renovasi. Banyak orang menanggap bahwa renovasi rumah butuh biaya yang besar. Padahal, andai pintar mengaturnya, kamu dapat kok memangkas anggarannya, misalnya menggunakan jasa renovasi rumah yang murah namun berkualitas. Berikut kami paparkan sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghemat perkiraan renovasi rumah.

1. Daripada beli baru, kamu dapat membeli bahan banuntukn bekas tetapi tetap berkualitas
Material dari bahan bekas ini terbagi dalam dua kategori; reuse dan recycle. Contoh material reuse merupakan kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan kayu untuk atap. Sedangkan untuk material recycle seringkali berupa batu bata dan keramik. Nah, kamu dapat mencari material bekas ini di toko-toko bahan banuntukn terdekat.

2. Jangan lupa untuk memanfaatkan diskon yang seringkali digelar oleh toko banuntukn atau marketplace tertentu
Biasanya, selisih harga yang didapat ketika diskon cukup besar lo! Butuh usaha untuk survei memang, tapi bila selisih harga yang didapat lumayan besar kan lumayan dapat menghemat anggaranmu. Bandingkan harga diskon dari sejumlah toko untuk menilai harga terbaiknya.

3. Di samping beli material diskonan, anda juga dapat melakukan pembelian bahan banuntukn dengan teknik grosir
Harga bahan banuntukn grosir seringkali jauh lebih murah daripada bila beli satuan. Kalau jumlah material grosiran yang dibeli dirasa terlampau banyak, kamu dapat menyimpan dan menguntukkannya untuk menggarap proyek renovasi berikutnya.

4. Untuk sejumlah pekerjaan ringan, kamu dapat melakukannya sendiri. Nggak butuh pakai tukang
Salah satu ongkos renovasi rumah yang terbilang lumayan menguras kantong ialah ongkos tukang. Bagi menghemat pengeluaranmu, kerjakan pekerjaan yang sekiranya dapat dikerjakan sendiri. Mengecat rumah misalnya. Pakailah jasa tukang banuntukn untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya teknis dan melulu mereka yang dapat mengerjakannya dengan rapi.

5. Bagi menghindari pembengkakan biaya, anda juga dapat melakukan renovasi rumah dengan teknik bertahap. Pelan namun pasti
Banyak terjadi pekerjaan renovasi rumah dilaksanakan sekaligus, namun ujung-ujungnya justeru berhenti di tengah jalan. Bagi menghindarinya, coba kerjakan renovasi satu per satu saja. Misalnya, bulan ini anda renovasi ruang tamu, tiga bulan lagi anda baru renovasi dapur, dan seterusnya. Dengan begini, anda pun nggak akan merasakan pembengkakan biaya.

Leave a Comment