Perhatikan Hal Ini Jika Memelihara Hamster di Rumah

Hewan pengerat yang satu ini memang tidak jarang dijadikan peliharaan, ya? Hamster tampak imut dan gampang untuk dipelihara. Apalagi jenisnya terdapat banyak. Di dunia, terdapat 24 spesies hamster, lo. Kalau kamu hendak memeliharanya di rumah, cari tahu dulu manfaat memelihara hamster dan tentang fauna ini, yuk.

  1. Hamster fauna yang gampang stres

Meksi sepertinya imut-imut, anda harus menyimak hamster yang gampang khawatir. Ini sebab di alam liar, hamster punya tidak sedikit pemangsa, sampai-sampai ia tidak jarang kali waspada dan gampang bereaksi andai merasa terdapat bahaya. Apa saja yang dapat membuat hamster stres andai dipelihara di rumah? Hamster dapat stres bila ia tidak mempunyai aktivitas, kandangnya tidak bersih, kelemahan nutrisi, atau terpapar penyakit. Karenanya, simaklah ia dan kenali tanda bila hamster sedang stres, ya.

  1. Gigi hamster tidak pernah berhenti tumbuh

Gigi hamster menciptakan wajahnya semakin lucu. Uniknya, ternyata giginya ini tidak pernah berhenti tumbuh, lo. Bukan melulu hamster, semua fauna pengerat pun memiliki situasi in. Kalau di alam liar, hamster akan menggali ranting guna dikunyah. Ini mengawal giginya supaya tetap simetris atau sama panjangnya. Nah, bila kita memeliharanya di rumah, usahakan sediakan ranting dari pohon buah-buahan. Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan, usahakan ranting apa yang diserahkan untuk hamstermu.

  1. Hamster fauna omnivora

Omnivora ialah kelompok fauna yang dapat makan sekian banyak  makanan. Namun maksudnya bukan berarti kamu dapat memberikan apa saja, ya. Omnivora ialah kelompok fauna yang membutuhkan ekuilibrium gizi dari sekian banyak  makanan. Agar tetap sehat, hamster mesti santap yang sebanding dan pastinya segar. Misalnya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Hamster fauna crepuscular

Kalau anda berencana meluangkan roda putar guna hamstermu, mungkin anda akan mengejar ia paling berisik di malam atau dini hari. Kebanyakan jenis hamster memang merupakan fauna nokturnal atau aktif di malam hari, dan crepuscular, yang aktif ketika matahari keluar dan tenggelam. Karenanya, ia sangat aktif ketika senja, malam hari, dan pagi hari. Mungkin bila kamu hendak bermain dengannya, usahakan tidak di siang hari, karena tersebut waktunya hamster beristirahat.

  1. Hamster fauna yang pintar dan suka menjelajah

Kebanyakan fauna pengerat sepetri hamster memang pintar, teman-teman. Hamster dapat mempelajari trik atau gerakan dengan cepat. Ia juga dapat dilatih, lo. Hamster pun merupakan fauna yang hendak tahu, makanya ia suka mengendus sekitarnya. Kumisnya bermanfaat untuk mendeteksi dan mengoleksi informasi di sekitarnya. Di alam liar, hamster suka mencari liang. Karenanya usahakan, kita meluangkan ruang guna terowongan, bila memeliharanya di kandang.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467