Apa itu Invoice? Inilah Pentingnya Invoice dan Jenis Invoice yang Digunakan dalam Perusahaan

Sumber: https://academy.getjobber.com/resources/articles/what-is-an-invoice/

Keberadaan suatu dokumen di perusahaan tentu memiliki tujuan tersendiri. Salah satunya adalah invoice. Dalam transaksi bisnis, invoice adalah faktur, hanya penyebutan dalam bahasa saja yang berbeda.

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada pelanggan. Dikeluarkannya invoice dikarenakan adanya transaksi yang membutuhkan bukti berupa invoice.

Karena pentingnya invoice, perusahaan perlu mempersiapkan invoice. Meskipun belum ada pelanggan yang pernah melakukan transaksi menggunakan invoice.

Selain itu, invoice adalah dokumen yang memiliki beberapa jenis. Jenis – jenis invoice ini didasarkan pada transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Lebih lanjut mengenai apa invoice, pentingnya invoice, dan jenis invoice dalam perusahaan akan dijelaskan pada sub bab di bawah ini.

Apa itu Invoice? Invoice adalah

Invoice adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai pihak penjual kepada pelanggan atau pembeli atas transaksi kredit yang telah terjadi antara kedua belah pihak tersebut. Selain itu, invoice adalah dokumen yang sah digunakan penjual untuk menagih pembayaran dari pembeli.

Invoice dibuat beberapa rangkap, ada yang dibuat dua rangkap, ada juga yang dibuat tiga rangkap. Tergantung pada perusahaan yang menggunakan. Dibuat dua rangkap dimana satu rangkap untuk pihak penjual dan satu rangkap lainnya untuk pihak pembeli.

Sementara jika dibuat tiga rangkap, satu rangkap digunakan untuk perusahaan atau pihak penjual. Yang digunakan untuk arsip kegiatan transaksi perusahaan serta surat penagihan yang sah kepada pembeli apabila di waktu kemudian, pembeli lalai dalam membayar tagihan.

Rangkap lainnya diberikan kepada bagian keuangan perusahaan. Bagi divisi keuangan, fungsi dari invoice adalah sebagai referensi dalam pencatatan pembukuan perusahaan. Sementara rangkap ketiga diberikan kepada pihak pembeli yang digunakan untuk mengajukan komplain apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman barang atau penghitungan total harga.

Pentingnya Invoice adalah

Dalam kegiatan bisnis, invoice adalah dokumen yang penting untuk disiapkan. Meskipun belum ada pelanggan yang melakukan pembelian secara kredit. Tapi, perusahaan tidak pernah tahu transaksi seperti apa yang diinginkan oleh pembeli nantinya. Sehingga, invoice perlu untuk dipersiapkan.

Sumber: https://www.sagecity.com/ca/sage_50_accounting_ca/b/sage_50_ca_supporthub_blog/posts/got-sage-50cloud-setup-up-the-new-invoice-payments-feature

Dengan adanya invoice, pihak penjual juga mendapatkan perlindungan hukum. Yaitu apabila penjual sudah mengantarkan semua barang, namun pembeli tidak mau membayarkannya. Maka penjual berhak menuntut pembeli, dalam hal ini pihak penjual lah yang akan dilindungi oleh hukum.

Sementara bagi pihak pembeli, invoice dapat dijadikan dokumen untuk mengajukan klaim asuransi serta komplain atas produk yang salah kirim atau salah perhitungan dalam transaksi. Oleh karena itu, invoice adalah dokumen yang penting baik bagi penjual maupun pembeli.

Jenis Invoice adalah

Di dalam perusahaan, dikenal terdapat tiga invoice. Dimana setiap invoice memiliki fungsi masing – masing berdasarkan transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli.

Jenis – jenis invoice adalah sebagai berikut:

  1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah jenis invoice yang digunakan untuk bukti transaksi biasa yang dilakukan oleh perusahaan. Transaksi biasa ini maksudnya adalah transaksi kredit dimana penjual mengirimkan barang kepada pembeli, kemudian pembeli membayar tagihan sesuai dengan waktu termin pembayaran.

  1. Invoice Proforma

Invoice proforma adalah jenis invoice yang digunakan jika barang dikirim kepada pembeli secara bertahap. Invoice proforma bersifat sementara, sehingga ketika produk sudah lengkap dikirim kepada pembeli, maka akan diganti dengan invoice biasa.

  1. Invoice Konsuler

Invoice konsuler adalah invoice yang digunakan untuk transaksi internasional, biasanya kegiatan ekspor dan impor barang. Dimana di dalam invoice ini terdapat kolom tanda tangan kedutaan besar atau pihak yang berwenang di negara pengekspor maupun pengimpor.

Itulah definisi dari invoice, pentingnya invoice, serta jenis – jenis invoice yang digunakan dalam perusahaan.

Leave a Comment